Skip to main content

Puasa Weton Tirakat Orang Jawa Yang Paling Sakral

Puasa Weton Kelahiran dalam khasanah Jawa memang sudah tidak asing lagi untuk di dengar, ada banyak sekali ragamnya orang yang menjalani tirakat jenis ini. Bukan hanya untuk diri sendiri, tapi lebih kepada orang lain dan kehidupan dalam menjalani puasa weton ini. Tapi sayangnya, banyak orang sudah sangat jarang sekali yang melakukannya, terlebih dijaman sekarang yang serba modern hal-hal yang berhubungan dengan mistis Jawa sudah banyak ditinggalkan.

puasa weton untuk pelet suami dan diri sendiri
Pada dasarnya, Puasa Weton di hari Kelahiran Anda bisa memberikan banyak sekali manfaat untuk urusan keduniawian. Bukan sebatas itu saja, tapi lebih kepada ketuhanan juga bisa di awali dengan mentirakati Hari lahir mbrojolnya Anda ke alam dunia ini.

Beberapa manfaat untuk Anda yang menjalani puasa weton ini adalah:
  • Pelet cewek atau cowok dengan weton si target.
  • Meningkatkan kharisma diri.
  • Pengasihan umum yang bisa membuat Anda disukai banyak orang.
  • Menunjang karir.
  • Memudahkan urusan rejeki.
  • Lebih mengingat siapa diri Anda sendiri.
  • Tidak ngawur dalam melangkah.
  • Selalu terarahkan ke jalan kebaikan.
  • Dan masih banyak lagi.
Diatas adalah sebagian saja yang saya tuliskan, tapi bila Anda benar-benar menjalaninya maka akan lebih banyak lagi manfaat untuk diri Anda.

Apa Itu Puasa Weton Kelahiran
Contoh gampangnya seperti ini, Anda lahir di hari Senen dengan pasaran Wage maka saat Anda ingin menjalaninya ya tepat di hari itu juga. Begitu seterusnya, akan lebih baik bila sebulan sekali, atau setahun bahkan 1 kali saja seumur hidup Anda untuk menjalaninya karena tujuannya pasti akan sangat bermanfaat untuk Anda.

Cara Mencari Tau Weton Kelahiran Yang Lupa

Bila Anda tidak mengetahui hari lahir Anda, maka caranya mudah sekali yaitu: Anda tinggal menanyakan hari lahir Anda kepada orang tua atau melihatnya di akte kelahiran. Apa bila mereka lupa, maka usahakan Anda tau tanggal, bulan dan tahun kelahiran Anda karena bisa di cek Weton Kelahiran Anda baik di situs-situs penyedia Tanggalan.

Selain itu, yang benar-benar sulit bila Anda tidak mengetahui persis tanggalan lahir Anda bahkan yang lainnya. Bila sudah seperti ini, maka akan sulit sekali mengetahui Weton Anda.

Tapi Anda tidak perlu kuatir, bila Anda memang ingin mencari tau maka bisa tanyakan ke paranormal. Karena dalam petung Kejawen, ada saja orang yang bisa menghitung hari kelahiran berdasarkan nama lengkap. Anda tinggal mendatangi dan menanyakan hari kelahiran Anda, setelah pas sebaiknya persiapkan diri Anda untuk menjalani Puasanya.

Niat Puasa Weton Diri Sendiri

Biasanya ada juga orang yang menjalani Puasa Weton Untuk Pelet dan Pengasihan tapi bukan hanya untuk itu saja, mempuasai diri Anda sendiri itu jauh lebih penting ketimbang untuk urusan asmara.

Niat sebelum Anda menjalani Puasa Weton ini sebenarnya tidak ada yang khusus, karena semua akan kembali kepada tujuan Anda berpuasa, contohnya seperti ini:
Aku berniat puasa Weton di hari kelahiranku untuk tujuan....Anda bisa mengisi niat dan untuk apa melakukannya.
Diatas tadi adalah sebuah niyat yang paling mudah untuk Anda bacakan, selain itu Anda bisa menanyakan baik kepada Si Mbah atau ibu/bapak yang lebih mengerti dalam hal puasa ini.

Karena kebanyakan orang yang berpuasa Weton adalah suku Jawa, sudah pasti orang tua mu tau Niat untuk menjalaninya. Setelah Anda paham dengan niatnya, langsung saja bisa Anda jalani tirakatnya.

Tata Cara Puasa Weton Orang Jawa

Perlu Anda ketahui, dalam menjalani tirakat ini setidaknya ada beberapa macamnya dan Anda harus mengetahui itu semua. Jangan sampai Anda salah dalam menjalaninya nanti.

Puasa Wetonan sendiri setidaknya terbagi ke beberapa macam yaitu:
  1. Puasa weton Kelahiran.
  2. Puasa Apit Weton.
  3. Dan Puasa Weton Sedulur Pancer.
Ke tiga jenis diatas, semuanya berbeda dan itu harus Anda ketahui lebih jelasnya.

Puasa Weton di Hari Lahir
Untuk yang jenis umum ini, biasanya Anda hanya memulai berpuasa pada hari dan pasaran kelahiran Anda sendiri. Saat berpuasa, Anda bisa memilih baik dengan jenis Mutih, Ngebleng, Patigeni atau Ngeluwong tergantung pada keinginan dan ketahanan fisik Anda untuk menjalaninya. Bila mendapat saran dari orang tua, sebaiknya ikutilah itu.

Puasa Apit Weton
Nah yang jenis ini, kebanyakan di gunakan untuk tujuan pelet lawan jenis dan mengunci hatinya. Bisa juga digunakan, untuk menutup jodohnya seseorang, cara tirakat ini adalah "Menjepit" weton Anda sendiri atau memang di tujukan ke orang lain.
Misalkan Anda lahir di hari Rabu maka puasanya dihari Selasa dan Kamis, jadi wetonnya Kejepit. Puasa ini bisa untuk diri Anda sendiri, dengan tujuan tertentu, dan juga untuk pasangan supaya terkunci dan sebagainya.
Jenis puasa Apit Weton ini banyak di gunakan oleh para dukun sakti dan orang-orang yang mengerti dalam hal spiritual, supranatural dan metafisika.

Puasa Weton Sedulur Pancer
Dan jenis ini lebih kepada soudara batin, biasanya orang yang menjalani jenis puasa ini akan melewati bimbingan dari seorang guru.

Diatas adalah jenis Wetonan yang paling umum di gunakan oleh kebanyakan orang Jawa, selain itu masih banyak juga puasa yang berhubungan dengan Weton contohnya: Keilmuan dari Ajian yang mengharuskan dimulai dari hari kelahiran. Hampir sama saja dengan puasa Weton bila dimulainya pada hari dan pasaran yang sama.

Tapi tetap saja berbeda tujuannya, jadi untuk jenis puasa Weton itu ada banyak sekali jenisnya, bukan cuma 1 saja. Tapi memang, dalam penyebutan orang bisa selalu cepat menyebutnya dengan Puasa Weton.

Puasa Weton Dalam Islam

Bila Anda ingin menjalani puasa Weton namun mengambilnya dari jalan Islami kemungkinan Anda tidak akan menemukannya. Karena tetap akan ada saja larangannya dalam keagamaan, seperti bila Anda mulai Puasa weton pada jam 3 subuh dan berbuka pada jam 12 malam, itu sudah melewati dari batas umumnya berpuasa.

Tapi bila di ambil secara Kebudayaan dari leluhur orang Jawa, maka puasa Weton juga bisa diartikan dengan laku prihatin untuk memperingati hari kelahiran Anda. Dengan niat suapaya apa yang Anda jalani di dunia ini menjadi lebih baik dari hari yang sebelumnya.

Bilapun mengambil tentang hajat duniawi dan menebusnya dengan Puasa Weton, maka akan sulit sekali mengkaitkanya dengan kaidah ke-Islaman, sebut saja Puasa Weton untuk orang yang di cintai atau suami Anda, disini bisa dipastikan sudah salah jalan. Dan tidak akan Anda menemukannya dalam ajaran agama.

Kesimpulan Puasa Weton
Lebih kepada diri sendiri, ajaran dan kebudayaan yang dianut secara turun-temurun. Baik atau buruknya pandangan tentang Puasa Weton untuk diri Anda semuanya akan kembali kepada hajat masing-masing.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Komentar Di Nonaktifkan