Skip to main content

Mengamalkan Doa Nabi Ibrahim AS, Dari Tahan Bakar dan Meredam Emosi

Amalan Nabi Ibrahim AS ini bertujuan untuk bisa menahan emosi, juga bisa tahan panas api, seperti yang kita ketahui bahwa Nabiallah Ibrahim pernah di bakar hidup-hidup dan api yang membakarnya menjadi dingin. Dari karomah itulah, kebanyakan ahli ilmu hikmah masih menyimpan doa ini, namun tujuannya menjadi lebih luas lagi, bukan hanya di tujukan untuk kebal terhadap api saja.

Amalan Nabi Ibrahim AS ini bertujuan untuk bisa menahan emosi, juga bisa tahan panas api, seperti yang kita ketahui bahwa Nabiallah Ibrahim pernah di bakar hidup-hidup dan api yang membakarnya menjadi dingin. Dari karomah itulah, kebanyakan ahli ilmu hikmah masih menyimpan doa ini, namun tujuannya menjadi lebih luas lagi, bukan hanya di tujukan untuk kebal terhadap api saja

Untuk kita dijaman sekarang ini, amalan doa Nabi Ibrahim ini bukan lagi digunakan untuk kebal terhadap api melainkan bisa terhindar dari api yang akan membahayakan diri kita, sebutlah dari kebakaran. Baik hutan yang terbakar atau rumah kita, bila mengamalkan doa ini insya allah kita akan selamat dari marabahaya yang disebabkan oleh api.

Dijaman sekarang tidak mungkin kan ada orang yang mendapat hukuman dibakar hidup² seperti nabi Ibrahim AS.

Maka dari itu, bila Anda ingin mengamalkan doa ini, harus benar-benar dipahami hanya untuk terhindar dari bahayanya saja, selain itu orang yang mengamalkanya juga akan bisa menahan emosi dan membuat orang yang sedang marah jadi redam emosinya.

Contoh emosi tersebut seperti ini, umpamanya Anda sangat mudah sekali marah kepada siapa saja yang Anda anggap bersalah, nah dengan mengamalkan doa ini rasa emosi itu bisa saja berkurang seiring rajinya Anda dalam mengamalkan doanya. Contohnya lagi, ada orang yang sedang marah baik kepada Anda langsung atau orang lain, dengan mengamalkan doa ini Anda bisa saja meredam emosi orang tersebut, bukan hanya secara langsung tapi Anda juga bisa meredam emosi orang tersebut dari jarak jauh.

Bacaan Doa Nabi Ibrahim AS Lengkap

Bagi Anda yang ingin mengamalkannya, berikut ini bacaan doa Nabi Ibrahim AS yang akan Anda amalkan lengkap dengan kuncinya.

Bissmilahirohmannirohim Nabiyulah Ibrahim AS
Yaa Naaru Kunii Bardan Wa Salaaman'alla Ibraahiim.

Untuk Anda yang belum hafal bisa menyalin dan hafalkan terlebih dulu bila akan di amalkan. Sebaiknya, bacaan doanya diatas harus benar-benar hafal di luar kepala karena nantinya akan Anda baca terus menerus selesai menjalankan sholat Subuh. Dalam mengjafalkanya, Anda tidak perlu terburu-buru tapi cukup usahakan biar hafal dulu.

Setelah Anda merasa hafal doanya, sebagai saran dari saya bila Anda tidak bisa mengaji maka datangilah Kyai atau guru ngaji dan mintalah ia mengoreksi bacaan doa Anda. Karena terkadang ada orang yang mengamalkan sebuah doa tapi tidak mendapatkan Fadilahnya karena salah dalam membaca doanya, kesalahan itu biasanya terdapat pada lisan kita sendiri saat mengamalkan doanya.

Tapi bila sudah pas dalam pembacaan doanya, kalian bisa langsung untuk mengamalkanya dengan jalan pengamalan dan tata caranya. Tapi pastikan bahwa Anda memang membutuhkan doa ini untuk tujuan yang baik, bukan hanya sekadar mengamalkan dengan rasa keingin tahuan semata lalu meninggalkan ilmunya.

Cara Mengamalkan Doa Nabi Ibrahim

Dalam pengamalan doa ini, Anda membutuhkan doa kunci tambahan saat akan menghadapi orang yang sedang marah atau meredam emosi orang lain. Dan untuk mengamalkanya, pertama lakukanlah puasa pada hari senin dan kamis.

Tepat pada kamis malamnya lakukanlah sholat hajat 2 rokaat, lalu berdoa kepada Allah dan bertawasul pada

  • Nabi Ibrahim AS.
  • Nabi Nuh AS.
  • Nabi Muhammad SAW.
  • Syeh Abdul Qodir Al Jaelani.
  • Sayid Al Kandiyas.
  • Umar Bin Khatab.
  • Kedua orang tua.
  • Man Ajazani.

Baca Al Fatiha 21 kali, setelah itu doa diatas tadi yang Yaa Narru Kunii dan seterusnya Anda baca sebanyak 1000 kali. Setelah itu, setiap selesai menjalankan ibadah sholat Subuh doanya cukup di baca 3 kali saja.

Untuk kunci dari amalan ini, saat Anda menghadapi orang yang sedang emosi bacalah kuncinya sebagai berikut:

Inna Ladainaa Ankaalan Waja human.

Kalau Anda berhadapan langsung pada orang yang sedang dalam keadaan emosi cukup baca kunci diatas 3 kali dalam 1 nafas, termasuk bila akan menemui orang yang akan memarahi Anda juga bisa di baca lebih dulu dan setelah itu temuilah orang yang akan memarahi Anda.

Kalau ingin di khususkan dari jarak jauh, sebaiknya lakukan setelah sholat fardhu Isya atau solat Hajat, caranya pertama kirimkan Al Fatiha melalui nama orangnya sebanyak 7 kali dan lanjutkan membaca doa kunci tadi sebanyak 331 kali, lakukan hingga 3 malam berturut-turut. Biasanya, pengamalan jarak jauh ini sering di gunakan pada seseorang yang sedang bermasalah, misalnya ada keponakan Anda yang sedang dimarah oleh ayah atau ibunya dan Anda berniat untuk membantu keponakan tadi supaya redam emosi kepadanya.

Keponakan Anda yang saya gambarkan itu hanyalah sebuah contoh saja, Anda juga bisa membantu siapa saja yang menurut Anda butuh di bantu dengan mengamalkan doa Nabi Ibrahim AS yang Anda amalkan. Dengan kebaikan seperti ini, Insya Allah ilmu yang Anda amalkan akan bermanfaat untuk membantu orang lain.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
Komentar Di Nonaktifkan